Sabtu, 24 Desember 2011

MACD – Analisa Teknikal Forex

MACD diciptakan oleh Gerald Appel dan mengambil formulasi yang sebenarnya mirip dengan Moving Average. Indikator ini terdiri dari dua bagian, yaitu MACD histogram dan garis MACD sendiri. Secara umum, MACD terbagi menjadi tiga bagian, yaitu triger line, center line dan MACD line.

Anda akan mengetahui mengapa MACD dikatakan mengambil formulasi yang sama dengan MA. Mari kita lihat asal dari garis-garis diatas (MACD line, triger line, Histogram, dan centerline):

MACD line. Secara default fromulasi MACD line adalah: XMA12 – XMA26 perbedaan XMA periode 12-26 periode XMA. Karena dengan menggunakan XMA, sifat MACD juga akan seperti sifat XMA adalah untuk memberikan sinyal awal yang lebih dari yang lain MA.

Triger friends. Triger line adalah memicu sebenarnya adalah standar XMA9.

Centerline. Yang biasa. Adalah nol membatasi histogram negatif dengan histogram positif.

Histogram. Formulasi untuk histogram adalah: MACD line – Triger line Digunakan sebagai indikasi overbought / oversold.

Pertanyaan yang lainnya dapat kita digunakan untuk periode XMA MACD line dan triger line? Dapat. Tentu saja bisa. Dan jika Anda sudah cukup mahir Anda dapat bereksplorasi dengan menggunakan periode yang berbeda.

Mengapa kita harus repot-repot ketika MACD hanya pengurangan dari XMA saja. Kenyataannya tidak demikian. Melalui formulasi sederhana seperti ini ternyata MACD mampu memberikan informasi bukan hanya trend yang akan terjadi, tetapi lebih dari itu.

MACD dapat digunakan untuk menentukan momentum yang dinilai lemah atau yang kuat, juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi overbought / oversold pada pasar yang dapat memicu peralihan trend.

MACD untuk Perubahan Trend

Ini adalah khas penggunaan MA yang digunakan MACD sebagai MACD line dan triger line. Cara membaca peralihan trend dari Bullish ke kasar dan dengan cara yang sama kita membaca tentang tren di MA. Garis digunakan untuk membaca MACD line dan triger line.

Persis seperti aturan pada pembacaan MA, MACD pada aturan yang berlaku apabila garis MACD memotong dari bawah baris triger maka akan terjadi perubahan trend menuju Bullish trend. Dan juga berlaku apabila MACD line memotong triger line dari atas, maka akan ada perubahan dalam tren kecenderungan kasar.

Dan apa dampak pusat baris? Adalah pengaruh perpotongan MACD line dan triger line pada perubahan trend? Ada! MACD line dan triger line yang memotong centerline juga merupakan indikasi perubahan tren. Namun dalam hal ini adalah perubahan dalam jangka panjang tren.

Mungkin kriteria disini relatif cukup panjang. Yang tergantung pada jenis mata uang itu sendiri. Berarti mungkin ‘panjang’ bagi GBP adalah sekitar 3 bulan namun pada EUR dan AUD bisa jadi 2 bulan misalnya. Jadi tergantung pada mata uang yang kita pilih dan jangan lupa pada skala waktu yang kita gunakan.

Overbought dan Oversold pada MACD

Sederhana formulasi dari MACD, kita bukan saja dapat menentukan trend dalam jangka panjang dan pendek. Ada satu lagi sebagai tujuan MACD indikator overbought dan oversold. Meskipun jarang digunakan, ada baiknya kita tahu mereka juga. Anda mungkin seperti ini sebagai indikator menentukan overbought dan oversold daerah.

Jenuh atau overbought situasi seperti adanya indikasi bahwa pasar telah mengalami kejenuhan dalam membeli mata uang yang bersangkutan. Jika hal ini terjadi maka diperkirakan penurunan harga beberapa waktu kemudian. Begitu juga dengan oversold yang artinya kira-kira jenuh jual. Jika terdapat oversold tetapi diperkirakan akan ada harga ke titik dari perlawanan.

Catatan histogram bila naik lebih lanjut dan atas centerline (gari nol) maka harga cenderung naik dan sebaliknya ketika histogram bergerak turun dan area negatif, harga juga ikut dipindahkan ke bawah. Di bawah garis centerline (area minus) merupakan wilayah yang disebut oversold area dan diatas centerline (area positif) merupakan wilayah overbought. Penurunan harga terjadi pada saat sendiri histogram (nah disinilah kegunaan histogram) meninggalkan area yang bersangkutan.

Berikut mari kita Ringkaskan Prinsip-prinsip yang berlaku pada indikator MACD:


2 komentar:

  1. trading dengan dengan memanfaatkan macd juga suka dimanfaatkan dalam trading di octafx karena memang bisa langsung melihat market dalam beberaoa periode, dan hal ini memberi peluang untuk memberi prediksi dengan arah yang jelas

    BalasHapus
  2. Jangan menunda sampai hari esok apa yang dapat Anda lakukan hari ini.
    Dekati hasil yang diinginkan dengan membuat pertukaran yang diperlukan bersama dengan Unichange.me .
    Tidak ada alasan untuk tidak memesan hari ini

    BalasHapus